Sering kali kendaraan sepeda motor kita
mengalami gangguan yang rada menjengkelkan kita,,,kita kadang merasa sepeda
motor kita terasa berat saat dibawa buwat gas kencang,,kemungkinan kecilnya
adalah ada masalah pada karburator sepeda motor kita…untuk itu disini akan
dijelaskan cara mudah seting karburator yang murah meriah adalah di seting
sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. Ombobon akan mencoba menjelaskan proses
penyetelan karburator standart yang sangat mudah, tetapi lebih bagus kalau
karburator di bersihkan dulu dan filter bensin serta filter udara juga ikutan
di bersihkan supaya kotoran atau endapan yang ada didalamnya dapat di buang
begitu juga dengan pilot dan main jet ikut bersihkan. Untuk pilot dan main jet
kalo bisa di bersihkan dengan carburator cleaner supaya waktu lebih singkat
tapi kalo gak punya ya… pake bensin aja ato pake tiner kalo punya.
Setelah dibersihkan pasang kembali sparepart
karburator ke posisi semula dan
tempatkan ke manifold dengan baik dan benar…. kalo tidak bisa terjadi kebocoran
pada sambungan.
1.
Putar ke kanan setelan angin sampai mentok kemudian putar balik ke kiri
untuk motor bebek 1,4 – 1,5 putaran dan untuk motor sport sampe 2,5 putaran.
2.
Setel gas untuk putaran 3000 – 5000 rpm
3.
Hidupkan mesin……bremmm…bremmmm
4.
Kemudian Setel baut angin sampai posisi suara mesin tertinggi atau suara
knalpot tidak nembak walau sekecil apapun kira kira antara 1,4 – 1,6 putaran
untuk motor bebek. untuk motor sport dari 2,4 – 2,6 putaran.
5. Jika
sudah ketemu suara mesin tertinggi maka turunkan setelan baut gas hingga posisi
idle atau gak matian…..(900 -1100 rpm)..
6. Lalu
cek sekali dua kali untuk di gas…. bremmm…..bremmmm dan setelah posisi idle
mesin gak mati …maka motor sudah enak di ajak jalan jalan dan mudah mudahan
irit.
Kalau
masih mati ulangi proses dari pertama biar puas…puas.
Semoga
bermanfaat.
Tidak selamanya sepeda motor menunjukkan
performa yang baik. Terkadang ada saja masalah yang ditemui. Apalagi kalau si
pemilik malas membersihkan. Masalah yang sering timbul salah satunya adalah
mesin yang tersendat ketika motor dikendarai. Kalau sudah begini, perasaan
waswas kalau motor akan mogok di tengah jalan mungkin langsung menyergap.
Pasokan bahan bakar yang terlalu banyak bisa
menjadi penyebab utamanya. Hal ini
karena karburator yang kotor menghambat proses di dalamnya. Padahal, untuk bisa
menjamin performa mesin yang prima, salah satunya adalah dengan menjamin proses
pengabutan di dalam karburator dengan sempurna.
Oleh karena itu, bersihkan bagian ini beserta
dengan komponen-komponen pendukungnya secara berkala. Hal lain yang menyebabkan
pasokan bahan bakar berlebih adalah penyetelan jarum skep yang terlalu tinggi,
klep chock yang macet dan nozzle pilot jet yang tersumbat dan penyetelan sekrup
angin yang tidak tepat.
Kotoran secara otomatis akan membuat mesin
“pincang” atau bahkan tidak bisa dinyalakan sama sekali. Untuk itu perhatikan
dengan seksama bagian-bagian tersebut dan pastikan setelannya sudah tepat.
Jangan lupa untuk memeriksa kebersihan knalpot karena kotoran bisa menghambat
gas buang dari ruang bakar mesin.
Hal lain yang menyebabkan mesin sepeda motor
tersendat adalah busi yang sudah lemah. Kalau sudah begini, tak ada cara lain
selain membeli busi baru yang cocok untuk motor. Dalam kondisi darurat, pembeli
bisa mengatur jarak antar elektroda sehingga busi bisa memberi asupan listrik
yang cukup untuk sementara.
Faktor terakhir yang membuat sepeda motor
tersendat saat dikendarai adalah penyetelan pompa oli samping yang tidak tepat,
sehingga pelumas yang disuplai ke mesin terlampau banyak. Pergi ke bengkel
langganan untuk menyetel ulang pompa oli hingga mendapat ukuran yang pas…jadi
selamat mencoba bro,,semoga performance tunggangan anda semakin nyaman dan
sesuai yang anda inginkan,,,
@share : http://dbmcdepok.wordpress.com/2010/03/23/cara-mudah-setting-karburator-motor-4-tak/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar