Marketing,
mungkin ketika Anda membaca ataupun mendengar kata ini langsung terbayang
dipikiran bahwa Marketing itu adalah salesman dan ,saleswoman, yang sering Anda
lihat dimana pun yang menawarkan produk barang maupun pun jasa dari berbagai
macam perusahaan. Marketing adalah ujung tombak yang menjadikan suatu
perusahaan akan meraih kesuksesan atau kemunduran. Marketing mempunyai tugas
utama, yaitu menjual produk atau jasa dari suatu perusahaan yang mempunyai
target pasar sesuai dengan yang telah ditentukan oleh perusahaan tersebut.
Banyak
yang mengatakan bahwa apabila Anda pernah kerja sebagai Marketing disuatu
perusahaan, maka Anda akan memiliki lebih besar jiwa semangat juang dalam
menghadapi kerasnya kehidupan didunia ini. Marketing saat ini sesungguhnya
sudah mulai gencar didunia online, oleh karena itu disebut sebagai Marketing
Online. Akan tetapi, prinsip dasarnya pun sama yaitu menjual produk atau jasa
dari suatu perusahaan dengan target yang telah ditentukan. Berikut beberapa
tips untuk menjadi seorang Marketing handal:
Kenali
market Anda. Pada segmen apa Anda ingin memasarkan produk atau jasa tersebut,
dan siapa saja yang menjadi sasaran jual Anda. Pastikan Anda menjual produk
atau jasa pada orang yang tepat.
Have
a good appearance. Anda tidak pernah tahu dimana dan kapan Anda akan bertemu
dengan calon client Anda. Kesan pertama akan terlihat dari penampilan Anda.
Berikanlah kesan baik dan meyakinkan ketika target melihat Anda, karena dengan
penampilan Anda yang nampak rapih dan meyakinkan maka target Anda akan menilai
bahwa produk atau jasa yang ditawarkan memiliki kualitas yang baik.
Perluaslah
koneksi atau kenalan Anda. Kembangkan sayap Anda, jangan hanya terbatas lingkup
kecil saja. Perluas wawasan Anda untuk memasuki dunia yang belum pernah Anda
tahu. Semakin banyak koneksi dan wawasan yang Anda miliki maka semakin besar
kesempatan Anda untuk mendapatkan client baru.
Kuasai
produk atau jasa yang ditawarkan (product knowledge). Bagaimana mungkin Anda
menawarkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada calon client tapi Anda belum
menguasai secara penuh mengenai keunggulan, kekurangan, harga, kualitas, target
konsumen atau client, dan hal lainnya.
Keluar
dari comfort zone. Jangan pernah merasa bahwa yang Anda raih saat ini sudah
cukup memuaskan. Anda bekerja dengan target, jika Anda bisa untuk mendapatkan
yang lebih maka tidak ada alasan bagi Anda untuk berhenti. Beranikan diri Anda
untuk melangkah keluar dari zona nyaman untuk mendapatkan tantangan baru,
misalnya mendapatkan client dari kalangan yang pernah Anda masuki sebelumnya.
Hal ini akan menuntut Anda untuk memiliki kemampuan kecepatan beradaptasi.
Ciptakan
antusiasme dalam diri Anda. Menciptakan antusiasme dibutuhkan usaha dan kerja
keras, intensionalitas, dan tindakan. Antusiasme adalah tindakan atau aksi
bukan hanya sebuah cita-cita. Maka berusahalah untuk mewujudkan apa yang sudah
Anda cita-citakan.
Catat
testimonial. Client Anda merasa puas dengan produk atau jasa yang Anda jual,
catat testimoni dari mereka. Sebuah testimoni sangat berarti sebagai bukti
keunggulan produk Anda. Mereka mungkin akan mengatakan hal-hal yang tidak
pernah terpikirkan oleh Anda.
Bergulat
dengan kenyataan. Dunia Marketing adalah dunia yang penuh dengan persaingan
dalam hal apa pun, oleh karena itu Anda harus memiliki mental yang sangat kuat.
Penawaran yang Anda ajukan tidak selalu dapat diterima oleh client. Penolakan
merupakan hal yang sudah wajar dalam dunia Marketing, maka dibutuhkan kesabaran
dan ketahanan mental yang ekstra. Tetap konsisten dalam Pekerjaan dan pantang
menyerah adalah kunci kesuksesan Anda.
http://id.jobsdb.com/ID/EN/Resources/JobSeekerArticle/Tips%20karir?ID=406
Tidak ada komentar:
Posting Komentar