Senin, 27 Agustus 2012

Berbenah Diri Dari Hal Terkecil


 Suatu ketika seorang anak bertanya kepada ibunya, "Ibu, apakah kita bisa hidup tanpa berbuat salah selama hidup kita?"Ibunya menjawab," tidak bisa Nak ."

 Sang anak bertanya kembali,"Apakah kita bisa hidup tanpa berbuat salah selama setahun?" Ibunya menggeleng, sambil tersenyum ia berkata,"Tidak bisa juga Nak."
 
Sang anak pun bertanya kembali,"Apakah kita bisa tanpa berbuat salah selama sebulan? "Ibunya tertawa sambil menjawab," Tidak bisa juga Nak."
 
Sang anak semakin gelisah, lalu ia bertanya kembali,"Apakah kita bisa hidup tanpa berbuat salah selama seminggu?" Ibunya tetap menggeleng dengan senyum yang berkembang lalu berkata,"Tidak Nak, kita tak bisa."
 
Sang anak yang semakin gelisah seakan-akan tak berhenti untuk mencari jawaban yang sesuai dengan yang diinginkannya."Ini yang terakhir Bu, apakah kita bisa hidup tanpa berbuat salah selama satu jam saja?"
 
Ibunya memandang mata anaknya, dengan senyum yang manis ia mengangguk sambil menjawab," Kemungkinan bisa Nak."
 
Lalu sang anak pun berkata," Jika demikian aku akan coba belajar hidup benar dari jam ke jam. Dari latihan yang kecil dan sederhana akan menjadi terbiasa, yang sudah terbiasa akan menjadi sifat dan sifat akan menjadi karakter."
 
Kita diciptakan oleh Allah dengan cara yang sempurna, akan tetapi kita tak lepas dari kesalahan. Kesalahan itu sifatnya manusiawi, semua orang pasti pernah mengalami. Namun demikian bukan berarti kita membiarkan kesalahan itu terus berada dalam diri. Sebisa mungkin kita harus berusaha memperbaiki dari hal-hal terkecil dan sederhana sehingga tak terasa kitapun telah banyak melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Semoga kita mampu demikian, aamiin..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar