Jumat, 21 September 2012

Penyakit Osteoporosis



Osteoporosis berarti “tulang keropos”, adalah suatu kemunduran kondisi tulang dengan berkurangnya kepadatan mineral, massa, dan kekuatan tulang. Hal ini berakibat pada tipisnya tulang dan kemungkinan terjadinya keretakan.

Gejala Osteoporosis

Gejala awal osteoporosis bisa dari tidak begitu terasa sampai pada nyeri punggung.
Gejala tingkat lanjut osteoporosis antara lain turunnya berat badan, perubahan bentuk tulang belakang (bongkok, berpunuk), keretakan pinggul/ lengan/pergelangan tangan, diikuti dengan rasa sakit ringan sampai pada rasa sakit yang sangat, dan mendadak sakit pada tulang belakang.

Proses Terjadinya Osteoporosis

Penyebab Osteoporosis dari dalam tubuhMassa tulang secara normal berkurang 1.5% – 2% per tahun baik pada pria maupun wanita setelah usia 40 tahun. Tetapi kaum wanita umumnya mempunyai risiko yang lebih besar untuk terkena osteoporosis karena secara
alami ukuran / massa tulang dan otot kaum wanita lebih kecil daripada kaum pria.
Sekitar 1 dari 4 wanita menderita osteoporosis setelah menopause, sebagaian lagi karena berkurangnya progesteron sebelelum masa menopause dan menurunnya estrogen setelah masa menopause.Pada kaum pria osteoporosis kejadiannya lebih sering ditemukan pada pecandu alkohol, obat-obat terlarang, dan penderita hipertiroid.

Penyebab Osteoporosis karena pola makanProtein penting bagi kesehatan, tetapi kelebihan asupan protein secara kimiawi dapat mengarah pada osteoporosis seiring bertambahnya usia. Tulang berada pada kondisi terbaik dalam tubuh yang sedikit alkali, sehingga pada
saat banyak mengkonsumsi protein hewani tubuh menjadi bersifat asam. Selanjutnya tubuh akan menangkal ke-asam-an tersebut dengan cara menarik mineral alkali dari dalam tulang, misalnya kalsium.
Selain protein hewani, hal yang sama juga berlaku pada pemanis buatan, gula halus, minuman ringan (softdrink – mengandung kadar fosfat yang tinggi, sehingga menggangu kesetimbangan mineral dalam dalam tubuh), dan kurangnya asupan sayuran hijau (sayuran hijau banyak mengandungvitamin dan mineral).

Nutrisi yang perlu untuk Osteoporosis

Perbanyak makan yang mengandung kalsium dan mineral lainnya, misalnya produk susu, keju, buah dan sayur (bayam, brokoli, kobis/kol, dan juga teh hijau, dll).
Produk olahan dari kedelai, dengan kandungan isoflavon-nya (tahu, tempe, susu kedelai) juga baik untuk tulang terutama bagi yang sudah masuk masa menopause.
Apel mengandung flavonoid unik yang disebut floridzin
dapat mencegah osteoporosis yang berkaitan dengan masa menopause.

Makanan yang perlu dihindari / dikurangi :Kopi, daging, softdrink, pemanis buatan, gula halus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar